Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 27 Agustus 2009

Keagungan Bulan Ramadhan

1. Nafas kita ini dihitung sebagai ibadah.

2. Tidur orang yang berpuasa itu dihitung di ibadah.

3. Amal kita dibulan ramadhan ini pasti diterima oleh Allah, kita tidak pernah tau apakah amal kita ini diterima oleh Allah, karena itu orang beramala apapun tidak akan menepuk dadanya karena mereka tidak tau apakah amalnya itu diterima atau tidak hati mereka selalu takut, rosul berjaminan ketika kita melaksanakan perintah allah dan rosul, ada orang beramal tapi riyak ini bisa membakar semua pahalanya seperti api yang membayar.

4. Doa kita diterima oleh Allah pada bulan ramadhan, doa ini adalah ibadah yang besar makanya perbanyaklah doa dan intinya ibadah adalalah doa, orang yang tidak berdoa adalah orang yang sombong, Allah maha sennag kalau hamba-Nya berdoa kepada-Nya dan pasti setiap doa itu dikabulkan tapi kapan itu terserah Allah, berdoa untuk diri sendiri, orang tua, saudara, tetangga dan seluruh umat mukmin.

Mohon doa kepada Allah dengan niat yang benar dan niat yang suci jujur hnya minta kepada Allah, berharap hanya kepada Allah cuma ingat kepada Allah,contoh misalnya orang dihimpit kemiskinan ia bedoa kepada Allah tapi masih membawa orang yang kaya didekat rumahnya supaya membantu dia ini bukan yang murni, doa yang mukhotob adalah tidak inget sesuatu kecuali inget Allah dan ini pasti dikabulkan. Kapan hati suci?? yaitu ketika hati ini jauh dari yang haram kapan itu ketika jauh dari segala sesuatu yang haram misalnya pakaiannya, dagingnya itu tidak dari yang halal.

Sesuatu yang paling mahal yang turun dari Allah adalah taufik (petunjuk dari Allah), dan sesuatu yang indah yang baik naik kepada Allah dari hamba-Nya adalah ikhlas. Banyak orang sehat tapi tidak berpuasa orang itu tidak mendapat taufik dari Allah kita tida akan pernah mampu melaksanakan puasa ini jika tidak taufik dari Allah, membaca Alquran juga taufik dari Allah karena halangan itu ada saja makanya kita harus berdoa supaya diberi Taufiqnya. Setiap orang yang mengandalkan dirinya dalam hal taat kepada Allah pasti ia tidak akan sukses.

Kalau kamu puasa dicaci jangan ikut membalas karena puasa ini adalah amanat, jagalah seluruh anggota tubuh agar tidak melaksanakan yang bertentangan dengan hukum Allah.

Kita harus berdoa kepada Allah agar kita memperoleh bimbingan dan taufiq supaya bisa melaksanakan puasa dengan sebenarnya dan mendapat bimbingan supaya bisa menyempatkan diri untuk membaca alquran, orang yang celaka ialah orang yang tidak memperoleh ampunan dari Allah di bulan ini, ini adalah orang yang celaka yang sebenarnya menurut rosul karena dibulan ini Allah memberikan seluruh ampunan kepada hamba-Nya, bulan ramadhan sudah selesai sementara dosanya belum diampuni sementara orang yang lain mendapat untung dan hadiah dari Allah. Khusus dibulan ini Allah membuka ampunan lebih lebar daripada bulan-bulan yang lain. Artinya di bulan yang lainnya akan lebih sulit lagi memperoleh ampunan karena mensia-siakan bulan ramadhan ini dimana ampunan Allah dibuka sangat lebar.

Sungguh keterlaluan kalau di bulan ramadhan ini sampai ada yang tidak mendapat ampunan Allah rosul bersabda “ingatlah lapar dan dahaga ketika di siang hari dihari puasa, dan bayangkanlah lapar dan dahaganya kelak dipadang mahsyar??? pernahkan kita berpikir sampai sejauh itu jangan dikira orang lain bisa menikmati makanan seperti kita ini bisa makan pagi, siang dan malam, bahkan ada yang sampai mati kelaparan makanya Allah menyeru kaum mukmin yang bertaqwa untuk puasa agar bisa merasakan nasib orang miskin yang kelaparan dan ini adalah makna puasa, tetapi rosul bukan hanya mengingatkan untuk laparnya didunia ini saja tapi rosul mengingatkan lapar dan dahaganya ketika orang-orang dibangkitkan di hari kiamat dipadang mahsyar, karena disana sangat panas berbagai riwayat kalau banyak orang yang tenggelam oleh keringatnya sendiri “naudzubillah”, kenapa harus mengingat akhirat dalam semua hal termasuk jual beli, usaha, niaga, mencari rizki dll apa maksudnya dengan ini karena semua perbuatan kita ini akan dipertanyakan dan diminta pertanggungjawaban oleh Allah kelak. (Sod ;26)

Banyak orang yang menginggalkan keketentuan Allah dan itu karena lupa akan adanya hari kiamat dan ini adalah pangkalnya sehingga orang bisa berbuat semenang-menang dibumi Allah tanpa sadar ada siksaan demi siksaan yang dahsyat dari Allah. Bersedakahlah kepada para orang fakir dan orang miskin, yakininlah syariat yang dibawa rosul ini selalu mengatur hubungan antara kita kepada Allah dan sesama. Orang yang merasa selalu miskin dihadapan Allah ia tidak akan pernah melupakan orang miskin karena ia takut ia akan juga dilupakan Allah.

Besarnya arti sodaqoh khususnya dalam bulan ramadhan, setan itu kalah kepada orang yang puasa dan shodaqoh, setan itu selalu mengganggu dan berupaya mencegah seorang mukmin untuk sodaqoh karena shodaqoh itu bagi mereka seperti ada yang menaruh geraji diatas kepalanya dan menggergaji kepalanya seperti orang yang menggergaji kayu, mereka sangat kesakitan karena di shodaqoh ada 5 hal :
1. Menambah hartanya pasti ditambah oleh Allah
2. Menyembuhkan orang sakit
3. Menolak balak
4. Kelak akan melewati sirot mustaqim seperti kilat
5. Meringankan ketika hisab bahkan bebasa dari hisab
karena itu jangan ia kan permintaan setan, uang ini kalau kita keluarkan sodaqoh itu akan kekal padahal asalmulanya tidak ada dan akan dilipatkan paling sedikit 10 kali disisi Allah, siapa yang bisa melawan kekikirannya adalah orang yang paling beruntung, ketika kita shodaqoh harta itu akan menjaga kita sampai hari kiamat, dulunya hartnya yang dikeluarkan itu kecil tapi nanti akan besar dan ini adalah hikmah dari sodaqoh dll. Malaikat penjaga neraka itu bersyukur kepada Allah sujud dan berterimakasih kepada Allah ketika ada hambanya terutama yaitu dari Umat nabi Muhammad Saw yang membebaskan diri dari neraka yang dijaganya.

Shodaqoh itu yang paling wajib adalah kepada orangtua, sanaksaudara, tetangga baru kepada yang lebihluas lagi, kenapa yang paling diwajibkan kepada orantua dan sanaksaudara dahulu karena manfaatnya besar ini juga bisa mempererat tali silaturahmi karena jangan sampai terputus tali persaudaraan karena ada ancama dari Allah akan memutus rahmatnya juga kelak di hari kiamat lalu kemana lagi kita meminta pertolongan kalau tidak kepada Allah??


Pahala silaturahmi itu diajukan oleh Allah didunia sebelum diakhirat dipanjangakan umur dan ditambah rejekinya dan ini lebih diharuskan pada bulan ramadhan karena waktu ini adalah yang terbaik, silaturahmi ini bermacam-macam ada saling kunjung mengunjung ada juga saling bantu membantu kalau ada yang sedang memerlukan bantuan, kalau mengabaikan haknya berarti juga belum bersilaturahmi yang sebenarnya, jaga lisan di bulan ramadhan diluar bulan ramadhan pun juga dianjurkan karena akibatnya sangat fatal karena lisannya yang keji. Kalau tidak bisa mengatakan hal yang baik lebih baik diam saja, tapi kalau bisa katakanlah yang baik.

Pahala silaturahmi itu diajukan oleh Allah didunia sebelum diakhirat dipanjangakan umur dan ditambah rejekinya dan ini lebih diharuskan pada bulan ramadhan karena waktu ini adalah yang terbaik, silaturahmi ini bermacam-macam ada saling kunjung mengunjung ada juga saling bantu membantu kalau ada yang sedang memerlukan bantuan, kalau mengabaikan haknya berarti juga belum bersilaturahmi yang sebenarnya, jaga lisan di bulan ramadhan diluar bulan ramadhan pun juga dianjurkan karena akibatnya sangat fatal karena lisannya yang keji. Kalau tidak bisa mengatakan hal yang baik lebih baik diam saja, tapi kalau bisa katakanlah yang baik.

Puasa lebih diharapkan untuk menjaga lisannya, karena ibadah yang dicintai oleh Allah adalah diam dan puasa, yang tidak menjaga lisannya ia tidak akan mendapatkan pahala sepenuhnya orang yang berpuasa bahkan bisa-bisa batal puasanya, orang yang mengumpat sesama mukmin itu bagaikan memakan daging bangkai saudaranya, sungguh beruntung orang yang dapat menjaga lisannya, kelebihan omong itu tidak ada untunganya tapi orang yang kaya tapi mengeluarkan hartanya itu yang baik.

Puasa itu sebenarnya adalah tameng maka kalau ngomong kotor jika berpuasa, apabila orang yang ingin mengajak kamu berkelahi maka jangan balas caciannya lebih baik diam rosul menganjurkan “maaf aku sedang berpuasa, aku tidak mau meladenimu” apakah ini hanya untuk ramadhan saja setiap hari juga kita wajib menjaga lisannya, semua anggota tubuh ini tergantung kepada lisannya kalau lisan ini tidak dijaga bagian tubuh yang lain juga akan merasakan akibatnya misalnya sakit dipukul dll. Tidak ada baiknya lisan ini kecuali dalam 3 hal :
1. Lisan ini diajak untuk menyampaikan sesuatu yang baik dan indah
2. Lisan ini digunakan mengajak orang untuk bershodaqoh
3. Kita gunakan lisan ini untuk mendamaikan orang yang berselisih
selain 3 hal ini tidak ada gunanya lebih baik diam.

Pejamkan mata ini dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, tutup telingan rapat-rapat dari hal yang jelek dan jaga semua semua anggota badan agar ikut berpuasa, jangan sampai menyamakan hari puasa dengan tidak puasa, dan ada ayat alquran yang melarang kita duduk diantara orang-orang yang sedang mengumpat karena kita juga tidak ada bedanya dengan mereka yang mengumpat dan ini ada tanggungjawab dihadapan Allah.

Berbelas kasihlah kepada anak-anak yatim pada bulan ramadhan karena itu adalah amanah Allah, alquran selalu mendahulukan anak yatim dalam berbagai hal, bukan hanya memberi makan saja tapi Allah menganjurkan untuk memberi kasih sayang pertama kali kepada mereka, karena kita ini hidup panjang nanti Allah juga akan berbelas kasih kepada anak-anak yatim kita, tidak boleh kita merasa cukup hubungan dengan Allah saja tapi hukum Allah pasti menyangkut juga dengan hubungan terhadap sesama ada ibadah sosial tidak boleh orang hidup acuh tak acuh dengan sesama apalagi malah mengganggu tetangganya, manusia yang terbaik dari manusia yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain.

Angkatlah tangan (berdoa) setelah sholat fardu karena hal ini lebih disenangi Allah daripada sholat sunnah disitu Allah akan memandang hamba-Nya dengan penuh rahmat, ketika hamba-Nya memanggil Allah disahuti oleh Allah, apabila meminta pasti dikabulkan dan ini lebih khusus di bulan ramadhan jangan sampai lupa setelah sholat fardu jangan langsung pergi perbanyaklah doa orang yang tidak berdoa kepada Allah itu orang yang sombong karena merasa tidak butuh Allah lagi.

Sumber ;
- Sentuhan Qolbu Bersama Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Streaming Pukul 00:00 Wib



Tidak ada komentar:

Posting Komentar